Selasa, 06 September 2011

Menjaga Fokus dan Konsentrasi

Buat Anda yang terbiasa menjaga fokus dan konsentrasi, mungkin tidak ada masalah dalam karir Anda. Tapi buat teman-teman yang kebetulan level konsentrasinya tidak sedahsyat Anda, oho, mungkin beberapa tips dari saya di bawah ini bisa Anda bagikan kepada mereka.

Pertama, biasakanlah mengalokasikan waktu. Dalam artian, ketika kita sedang mengerjakan sesuatu ada baiknya kita tentukan terlebih dahulu seberapa lama waktu yang kita butuhkan. Ini berguna supaya kita terhindar dari pemborosan waktu dalam mengerjakan satu hal. Selain itu, biasanya kita bakal lebih mudah fokus jika pekerjaan yang kita garap diberi batasan waktunya.

Kedua, persiapkanlah terlebih dahulu semua hal yang kita butuhkan ketika mengerjakan sesuatu. Misalnya saja, ketika kita sedang mengerjakan tugas, sediakanlah segala perlengkapan yang kita butuhkan di sekitar kita. Ini akan membuat konsentrasi kita tetap terjaga tanpa diganggu untuk mencari dan mengambil barang yang kita butuhkan di tengah-tengah keasyikan bekerja.

Selanjutnya, fokuskan perhatian hanya pada kegiatan yang sedang kita lakukan. Urusan-urusan di luar apa yang sedang kita kerjakan sebaiknya dibuang jauh-jauh, dah. Abaikan saja. Ini penting demi menjaga konsentrasi kita supaya tidak terpecah.

Keempat, jaga mata kita! Serius, jaga mata kita. Jagalah mata kita agar tetap menatap ke pekerjaan. Sebaiknya kita tidak usah dan jangan membiarkan kebiasaan melihat ke mana-mana ketika sedang mengerjakan tugas.

Ada interupsi? Abaikan saja. Memang, sih, biasanya ada saja gangguan kecil yang bisa mengganggu konsentrasi kita, entah itu ajakan ngobrol dari rekan ataupun suara-suara bising dari lingkungan luar kita. Untuk mengatasinya, mungkin bekerja sambil mendengarkan musik bisa jadi salah-satu solusinya.


sumber: http://fokus.teknologiotak.biz/pengembangan-diri/menjaga-fokus-dan-konsentrasi/ 

Tidak ada komentar: